01.36 Edit This 0 Comments »

Resapan Air ke Tanah


Selain air, tanah juga mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia. Tanah berperan sebagai media pertumbuhan tanaman, selain itu tanah juga sebagai suatu selubung pada permukaan kulit bumi yang berpori-pori yang dapat dijadikan sebagai gudang penyimpanan air dari hujan. Tanpa adanya tanah maka air-air akan lepas mengalir tidak terkendali. Setiap jenis tanah mempunyai sifat-sifat yang morfologik yang unik sebagai hasil pengaruh berbagai faktor seperti : iklim, jasad hidup (tanaman dan binatang), bahan induk, topografi dan waktu. Tanah yang berkembang di bawah rerumputan biasanya tanahnya tebal dan berwarna gelap sebagai akibat penimbunan bahan organik.Ciri-ciri profil tanah di suatu daerah dapat bervariasi dalam horison, tekstur, kandungan bahan organik, dan reaksi. Tekstur tanah adalah susunan berat nisbi fraksi pasir, debu dan liat. Tekstur umum tanah biasanya dibagi 3, yaitu :

  1. Tanah berpasir

Tanah berpasir menunjukkan sifat-sifat pasir yang jelas. Tanah ini sangat mudah dilalui air karena memiliki pori yang besar tetapi tanah ini hanya mempunyai kemampuan menyimpan air yang sangat rendah.

  1. Tanah lempung

Tanah ini mudah dilalui air karena memiliki pori yang sedang.

  1. Tanah Liat

Tanah ini lebih sulit dilalui air dibandingkan dengan tanah berpasir dan tanah lempung karena memiliki pori yang kecil sehingga air akan mengalir lambat pada tetapi tanah liat dapat menyimpan lebih banyak air.


Struktur tanah dapat merubah tekstur tanah terhada tata air. Struktur tanah memiliki bentuk (tipe), ukuran (kelas), dan kemantapan (perkembangan). Ada 4 tipe primer struktur tanah :

  1. Granular

  2. Platy

  3. Prismatic

  4. Sub-angular Blocky

Air mempunyai dua sifat yang penting pada kelakuan air di dalam tanah, yaitu massa dan polaritas. Karena massanya, air senantiasa di tarik ke bawah oleh gravitasi sedangkan polaritas diakibatkan oleh susunan molekul air. Air dalam tanah dipengaruhi oleh gaya gravitasi dan gaya kapiler. Gaya kapiler menunjukkan gaya berasal dari butiran-butiran tanah yang menyusun tanah sedangkan gaya gravitasi terus menerus menarik air ke bawah, yaitu ke arah pusat medan gravitasi bumi.


0 komentar: